Tentang Musik Blues
Blues
dikenal sebagai sebuah aliran musik vokal dan instrumental yang
berasal dari Amerika Serikat (AS). Musik yang mulai berkembang pesat
pada abad ke-19 M itu muncul dari musik-musik spiritual dan pujian yang
biasa dilantunkan komunitas kulit hitam asal Afrika di AS. Musik yang
menerapkan blue note dan pola call and response itu diyakini publik AS
dipopulerkan oleh ‘Bapak Blues’–WC Handy (1873-1958).
Percayakah Anda bahwa musik Blues berakar dari tradisi kaum Muslim
Awalnya, publik di negeri Paman Sam pun tak meyakininya. Namun, seorang
penulis dan ilmuwan serta peneliti pada Schomburg Center for Research
in Black Culture di New York, Sylviane Diouf, berhasil meyakinkan
publik bahwa Blues memiliki relasi dengan tradisi masyarakat Muslim di
Afrika Barat.
Untuk membuktikan keterkaitan antara musik Blues Amerika dengan
tradisi kaum Muslim, Diouf memutar dua rekaman. Yang pertama
diperdengarkannya kepada publik yang hadir di sebuah ruangan
Universitas Harvard itu adalah lantunan adzan–panggilan bagi umat Islam
untuk menunaikan ibadah shalat. Setelah itu, Diouf memutar Levee Camp
Holler.
Rekaman kedua itu adalah lagu Blues lawas yang pertama kali muncul
di Delta Mississippi sekitar 100 tahun yang lalu. Levee Camp Holler
bukanlah lagu blues yang terbilang biasa. Lagu itu diciptakan oleh
komunitas kulit hitam Muslim asal Afrika Barat yang bekerja di Amerika
pasca-Perang Sipil.
Lirik lagu Levee Camp Holler yang diperdengarkan Diouf itu terdengar
seperti panggilan suara adzan–berisi tentang keagungan Tuhan. Seperti
halnya lantunan adzan, lagu itu menekankan kata-kata yang terdengar
bergetar. Menurut Diouf, langgam yang sengau antara lagu Blues Levee
Cam Holler yang mirip adzan juga merupakan bukti adanya pertautan
antara keduanya.
Publik yang hadir di ruangan itu pun takjub dengan kebenaran bukti
yang diungkapkan Diouf. “Tepuk tangan pun bergemuruh, sebab hubungan
antara musik Blues Amerika dengan tradisi Muslim jelas-jelas terbukti,”
papar Diouf. “Mereka berkata, ‘Wow, benar-benar terdengar sama. Blues
ternyata benar berakar dari sana (tradisi Islam)’.”
Jonathan Curiel dalam tulisannya bertajuk, Muslim Roots, US Blues,
mengungkapkan bahwa publik Amerika perlu berterima kasih kepada umat
Islam dari Afrika Barat yang tinggal di Amerika. Sekitar tahun 1600
hingga pertengahan 1800 M, banyak penduduk kulit hitam dari Afrika
Barat yang dibawa paksa ke Amerika dan dijadikan budak.
Menurut para sejarawan, sekitar 30 persen budak dari Afrika Barat
yang dipekerjakan secara paksa di Amerika itu adalah Muslim. “Meski
oleh tuannya dipaksa untuk menganut Kristen, namun banyak budak dari
Afrika itu tetap menjalankan agama Islam serta kebudayaan asalnya,”
cetus Curiel.
Mereka tetap melantunkan ayat-ayat Alquran setiap hari. Namun,
sejarah juga mencatat bahwa para pelaut Muslim dari Afrika Barat adalah
yang pertama kali menemukan benua Amerika sebelum Columbus. “Tak perlu
diragukan lagi, secara historis kaum Muslimin telah memberi pengaruh
dalam evolusi masyarakat Amerika beberapa abad sebelum Christopher
Columbus menemukannya,” tutur Fareed H Numan dalam American Muslim
History A Chronological Observation.
Curiel menambahkan, pengaruh lainnya yang diberikan komunitas kulit
hitam yang beragama Muslim di Amerika terhadap musik Blues adalah
alat-alat musik yang bisa mereka mainkan. Pada era perbudakan di
Amerika, orang kulit putih melarang mereka untuk menabuh drum, karena
khawatir akan menumbuhkan semangat perlawanan para budak.
Namun, penggunaan alat musik gesek yang biasa dimainkan umat Islam
dari Afrika masih diizinkan untuk dimainkan karena dianggap mirip
biola. Guru Besar Ethnomusikologi dari Universitas Mainz, Jerman,
bernama Prof Gehard Kubik mengatakan alat musik banjo Amerika juga
berasal dari Afrika.
Secara khusus, Prof Kubik menulis sebuah buku tentang relasi musik
Blues dengan peradaban Islam di Afrika Barat berjudul, Africa and the
Blues, yang diterbitkan University Press of Mississippi pada 1999.
“Saya yakin banyak penyanyi Blues saat ini yang tak menyadari bahwa
pola musik mereka meniru tradisi musik kaum Muslim di Arab” cetusnya.
Secara akademis Prof Kubik telah membuktikannya. “Gaya vokal
kebanyakan penyanyi Blues menggunakan melisma, intonasi bergelombang.
Gaya vokal seperti itu merupakan peninggalam masyarakat di Afrika Barat
yang telah melakukan kontak dengan dunia Islam sejak abad ke-7 dan 8
M,” paparnya. Melisma menggunakan banyak nada dalam satu suku kata.
Sedangkan, intonasi bergelombang merupakan rentetan yang beralih
dari mayor ke skala minor dan kembali lagi. Hal itu sangat umum
digunakan saat kaum Muslim melantunkan adzan dan membaca Alquran.
Dengan fakta itu, papar Prof Kubik, para peneliti musik seharusnya
mengakui bahwa Blues berakar dari tradisi Islam yang berkembang di
Afrika Barat.
Meski telah dibuktikan secara akademis, namun masih banyak pula yang
tak mengakui adanya pengaruh tradisi masyarakat Muslim Afrika dalam
musik Blues. “Non-Muslim sangat sulit untuk meyakini fakta itu, karena
mereka tak memiliki pengetahuan yang cukup tentang peradaban Islam dan
musik Islami,” ungkap Barry Danielian, seorang pemain terompet yang
tampil bersama Paul Simon, Natalie Cole, dan Tower of Power.
Suara lantunan adzan dan ayat-ayat Alquran yang biasa dilantunkan
para Muslim kulit hitam di Amerika mengandung musikalitas. “Dalam
jamaah saya, kata Danielian yang tinggal di Jersey City, New Jersey,
‘Ketika kami berkumpul dan sang imam datang ada ratusan orang dan kami
melantunkan doa, pasti terdengar sangat musikal. Anda akan mendengar
musikal itu seperti orang Amerika menyebut Blues.’” Begitulah tradisi
Islam di AS telah melahirkan sebuah aliran musik bernama Blues
Tidak ada komentar:
Posting Komentar